Pages

Ngobrol gado-gado

Kamis, 25 Juni 2009

Menghilangkan Jejak Data di Memory Handphone dengan Eraser v5.82 Rev 2 Free Portable

Program Eraser v5.82 Rev 2 Free Portable adalah sebuah program yang dapa digunakan untuk menghapus jejak data yang berada didalam sebuah space, baik memory ataupun harddisck. anda dapat memperoleh secara gratis dengan men-download dialamat website http://www.heidi.ie/eraser atau http://www.portableapps.com/eraserportable.

Software ini harus diinstall. Proses meng-install software ini susah-susah gampang, jika anda tidak mengetahui sistemnya, maka setelah anda instaall kemungkinann anda tidak tahu programnya terpasang dimana, maka ikutilha langkah2 berikut ini :
1. Klik dua kali pada ikon Tool Eraser v5.82 Rev 2 Free.
2. Kemudian ketika muncul kotak dialog, anda hanya perlu mengklik Next untuk melanjutkna proses install.
3. Kemudian klik Browse pada kotak dialog yang muncul berikutnya untuk memilih tempat lokasi program.
4. Pada kotak dialog Browse for folder, anda hanya perlu menunjukkan tempat dipasangnya program, misalnya Drive C.
5. Posisi tempat pemasangan program berada di drive C. Walaupun demikian, program ini tidak masuk pada sistem komputer, sehingga untuk melakukan uninstall, anda hanya perlu mendelete Folder dan filenya. Untuk melanjutkan proses pada kotak dialog selanjutnya, klik Install.
6. Silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai.
7. Kemudian klik Finish untuk menyelesaikan proses installasi.

Proses menginstallasi program telah selesai. namun jika anda ingn menjalankan program ini dan anda mencari ikon tool untuk menjalankna program pada start menu atau desktop komputer, maka anda tidak akan mnemukannya. Ikon tool program ini ada pada drive C.
Sebelum anda menjalankan program, hubungkan memory handphone yang ingin diformat melalui Card Reader atau USB Reader ke PC anda.

PERHATIAN : Hapuslah terlebih dahulu data, file, foto atau video yang ingin dibuang secara manual, baik langsung dihandphone atau melalui PC.

Selanjutnya anda jalankan program ini melalui ikon tool, ikuti langkah2 berikut :
1. Klik dua kali ikon Eraser Portable.
2. Beberapa saat setelah muncul screen pembuka, maka terbukalah window Eraser Portable.

Terdapat dua jenis penghapus data yang digunakan, yaitu :
  • On-Demand, digunakan untuk menghapus data kapan saja dibutuhkan. Ini biasanya digunakan untuk menghapus data ketika data itu tidak dibutuhkan lagi sesuai keinginan pengguna.
  • Scheduler, digunakan untuk menghapus data dalam periode tertentu. Jangka waktu ini dapat diatur sesuai keinginan penggunanya dan program bekerja secera otomatis. Hal ini biasanya digunakan perusahan0-perusahaan untuk menghilangkan back-up file data yang benar-benar ingin dihilangkan dalam periode tertentu.
3. Untuk proses menghilangkan data yang kita pelajari disini yaitu pada memory hape, maka gunakanlah jenis On-Demand. Pada window Eraser Portable pilih File > New Task (dapat juga dengan menekan Ctrl+N).

Perhatikan area garis titik-titik. Terdapat tiga macam pilihan menghapus data yang dapat dilakukan, yaitu :
  • Unused space on drive, yaitu bagian jejak data yang akan dihapus pada drive (memori) adalah bagian yang ksoong. Jadi semua space memory yang kosong akan dibersihkan lagi untuk menghilangkan jejak data sehingga tidak dapat di-recovery ulang.
  • Folder on folder, yaitu semua data yang ada didalam meory akan dihapus dan kemudian semua isi memory dibersihkan lagi utnu kmenghilangkan jejak data sehingga tidak dapat direcovery ulang.
  • File, yaitu semua file/data didalam meory akan dihapus dan jejak data tersebut juag dihilangkan sehingga tidak dapat direcovery ulang. Namun folder2 didalam meory tetap utuh.
Pada bahasan ini, yaitu menyangkut memori hape, dimana disatu sisi Anda harus mgnhilangkan jejak data dan disisi lain beberapa file didalam memory tidak boleh dihapus karena merupakan program penting driver memory untuk dijalankan pada hape, maka pilih tipe Unused space on drive.4. Masukkan drive memory yang telah anda hubungkan pada komputer ke dalam program dengan mengklik tanda panah.
5. Kemudian klik "OK", sehingga drive memory masuk pada list program.
6. Klik kanan pada list didalam program (misalnya NOKI 9300 (L:) ) lalu pilih menu "RUN".
7. Klik YES pada kotak dialog yang muncul kemudian.
8. Silahkan tunggu hingga proses selesai.
9. Setelah proses selesai, akan muncul hasil reportnya.

Proses menghapus secara permanen dimemory hape telah selesai.

PERHATIAN :
  1. Tool diatas dapat digunakan tidak hanya untuk memory hape, tetapi dapat juga digunakan untuk yang lain seperti harddisc, komputer, dan laptop.
  2. Jika data didalam memory atau harddisc telah tertimpa dengan data yang baru, maka proses recovery akan menghasilkan data yang rusak.
  3. Untuk data dokumen seperti Microsoft Office Word, biasanya hasil recovery akan mengalami kerusakan dan tidak dapat ditampilkan sempurna.
  4. Setiap data hasil recovery akan berubah nama sesuai urutan recovery yang diisi secara otomatis oleh program.
  5. Tool ini sangat baik digunakan untuk me-recovery foto dan video.


Sumber : Muzammil Sanusi, "Teknik Membobol Data dan Password". Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar